Makalah Al Qur'an (Pembelajaran Usia Dini)
KATA PENGANTAR
Bismillahirahmanirrahim.
Assalamualaikum Wr .Wb.
Segala puji hanya untuk ALLOH SWT yang ditangannyalah segala urusan, Sholawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada pemimpin besar repolusi nabi akhir jaman , Nabi Muhammad SAW , keluarganya , para sahabatnya, dan pada umatnya yang senantiasa mengamalkan sunahnya sampai akhir zaman,Amin.
Kami mencoba memaparkan tentang metode pembelajaran Alquran untuk anak usia dini dengan cara berbagai macam bentuk permainan dimana hal ini semoga berguna dan diharapkan menjadi bekal awal untuk belajar membaca al qur’an pada tahap selanjutnya karena belajar Al qur’an itu hukumnya wajib bagi setiap muslim dimana Al-Qur’an itu sendiri petunjuk bagai kita semua untuk mencapai kebahagian dunia dan akhirat.
Usia dini dikenal dengan istilah GOLDEN AGE yaitu usia keemasan yang membutuhkan rangsangan /stimulant.pemberian rangsangan atau stimulant dengan cara yang menyenangkan atau tidak menekan dan memperkosa hak-hak anak maka dalam pembelajaran Al- quran pada anak usia dini kami memakai tekhnik yang disertai permainan-permaianan yang menyenangkan bagi anak sehingga anak tidak bosan atau merasa tertekan.
Mengingat sangat luasnya ruang lingkup pembahasan makalah ini, maka pastilah penyajian makalah ini jauh dari kata sempurna, sehingga segala saran dan kritik membangun kami harapkan dari semua kalangan untuk menambah pengetahuan dan wawasan penulis.
Sumedang, Juni 2010
penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................................. i
DAFTAR ISI ........................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN ...................................................................................... 1
A. Dasar Pemikiran........................................................................................ 1
B. Rumusan Masalah .................................................................................... 2
C. Tujuan Penulisan....................................................................................... 2
D. Sistematika Penulisa ...................................................................................... 2
BAB II PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE
BELAJAR SAMBIL BERMAIN .............................................................. 3
A. Bercerita ................................................................................................. 3
B. Bermain Kartu ........................................................................................ 4
C. Bernyanyi ............................................................................................... 5
D. Papan Panel ............................................................................................ 5
E. Belajar Dengan Buku Panduan .............................................................. 6
BAB III PENUTUP ................................................................................................. 7
saya telah baca, makalahnya bagus!!!!!
BalasHapus