Senin, 04 April 2011

alokasi kurkulum selama setahun kelompokusia 4-5 tahun


alokasi kurkulum selama setahun  kelompokusia 4-5 tahun



Moral dan Agama

-       Menyanyikan lagu keagamaan yang sederhana
-       Berdo’a sebelum dan sesudah belajar
-       Berdo’a sebelum dan sesudah makan
-       Berdo’a sebelum dan sesudah tidur
-       Doa untuk ayah dan ibu
-       Doa keselamatan dunia dan akhirat
-       Menyebut ciptaan Allah
-       Menunjukan sikap sayang kepada tumbuhan dan binatang
-       Bahwa Allah Maha Pengasih dan Penyayang
-       Merasakan /ditunjukan rasa sayang cinta kasih melalui belaian /rangkulan
-       Terbiasa mengucapkan terima kasih bila mendapat sesuatu
-       Mudah minta maaf bila melakukan kesalahan
-       Senang dipimpin dan mau jadi pemimpin
-       Bisa melakukan/meniru pekerjaan orang dewasa

Pisik

-       Berjalan maju dan mundur
-       Berjalan zigzag
-       Memanjat dan berayun
-       Berlari lurus ke depan
-       Mengikuti gerakan orang lain
-       Berdiri di atas satu kaki selama 10 detik
-       Melambungkan dan menangkap kantong biji
-       Melompat dari jarak 40-50 cm
-       Merayap dan merangkak lurus ke depan
-       Menuang biji tanpa tumpah
-       Memasang tali sepatu
-       Menggunting mengikuti bentuk
-       Membuat garis lurus
-       Dikenakan tuk menulis

Bahasa

-       Membedakan berbagai suara
-       Mengenal bunyi hurup awal pada kata yang bermakna
-       Mengenal bunyi hurup akhir pada kata yang bermakna
-       Menyatakan dengan 6 – 10 kata
-       Melengkapi kalimat
-       Menyebutkan kata-kata yang mempunyai awalan dan akhiran yang sama
-       Menyebutkan berbagai nama benda
-       Menyebutkan berbagai fungsi suatu benda
-       Membaca buku gambar
-       Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya..
-       Dapat menjawab pertanyaan mengapa
-       Menyebut waktu

Kognitif

-       Mengelompokan benda sesuai warna
-       Mengelompokan benda sesuai jenis dan ukurannya
-       Menunjukan sebanyak-banyaknya benda, binatang, tanaman yang mempunyai ciri tertentu
-       Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya.
-       Menyebut dan menunjukkan bentuk-bentuk binatang
-       Membedakan kasar-halus, berat-ringan, panjang –pendek, jauh-dekat, banyak-sedikit, sama-tidak
-       Menyebutkan makanan yang rasanya manis, asin, asam, pahit.
-       Membedakan bau melalui penciuman
-       Menyebutkan urutan benda untuk bilangan 1-5
-       Mengenal lambang bilangan 1-10
-       Mengenal warna
-       Membedakan warna

Binatang dan Tanaman


Bulan
Isi Kandungan Kurikulum
Tema
Aktifitas
Pendukung

Sosial Emosional

-       Terbiasa makan pada waktunya
-       Mengambil makanan dan makan sendiri
-       Bermain bersama-sama
-       Tidak mengganggu teman dengan sengaja
-       Terbiasa membuang air kecil dan air besar di toilet
-       Berani berangkat ke tempat belajar tanpa di antar
-       Dapat memilih kegiatan yang disenangi
-       Menunjukan ekspresi wajar saat marah, senang, sedih takut.
-       Bisa menjadi pendengar dan pembaca yang baik.
-       Mengembalikan alat mainan ketempat semula
-       Sabar menunggu giliran dan terbiasa antri.
-       Mulai mengerti aturan main dalam permainan/game.
-       Mengerti akibat jika melakukan kesalahan
-       Memiliki kebiasaan teratur
-       Bisa memimpin kelompok kecil (2-5 anak)
-       Dapat memecahkan masalah sederhana
-       Menjaga kerapihan diri.

Seni

-       Menggerakan tubuh sesuai irama
-       Mengikuti senam tanpa musik
-       Mengikuti senam dengan irama musik
-       Menyanyikan lagu pendek sesuai irama
-       Bersenandung
-       Bertepuk tangan mengikuti irama
-       Bertepuk tangan membentuk pola
-       Memainkan gitar kecil
-       Memainkan drum kecil
-       Melukis dengan jari
-       Melukis dengan cat air dan kuas
-       Melukis dengan krayon
-       Melukis dengan pensil warna
-       Mencap

Gizi Seimbang

-       Membiasakan makan sayur-sayuran
-       Membiasakan minuman susu
-       Mengetahui makanan 4 sehat 5 sempurna
-       Membiasakan makan buah-buahan.

























Rencana Kegiatan Pembelajaran Harian


Hari tanggal                 :  Senin, 1 Oktober 2009
Anak Usia                    :  4-5 tahun
Sentra                          :  Bahan Alam
Tema                           :  Binatang
Sub tema                      :  macam-macam bintang
Isi materi                      :  binatang berkaki dua/ayam
Waktu                          :  08.00 – 10.00 WIB



Tujuan Pembelajaran


Agama                         : Berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Fisik                             : Menggunting mengikuti bentuk
Bahasa                         : Membedakan berbagai jenis suara
Kognitif                       : Mengelompokan benda yang sama dan sejenis
Sosial Emosional         : Sabar menunggu giliran dan terbiasa antri
Seni                             : Melukis dengan alat dan bahan bervariasi.


Konsep pengetahuan /metode pembelajaran

Agama                         : Berdo’a sebelum dan sesudah belajar
Fisik                             : Menggunting mengikuti bentuk gambar ayam
Bahasa                         : Menirukan suara binatang
Kognitif                       : Mengelompokan benda dengan bentuk dan warna yang sama
Sosial Emosional         : Tertib dalam bermain dan sabar menunggu/berganti alat main
Seni                             : Menempel gambar ayam dengan biji-bijian


Densitas / Ragam main :
1.      Mengelompokkan
2.      Menggunting
3.      Menempel


Bahan/alat bermain

-          Piring kue
-          Kartu gambar binatang
-          Gunting
-          Kertas gambar ayam yang sudah diwarnai
-          Biji-bijian
-          Lem
-          Kertas bergambar ayam yang belum diwarnai
-          Papan nama


Kegiatan Pembuka

1.      Menyambut kedatangan anak
2.      Anak didik berbaris sebelum masuk kelas
3.      Anak diperiksa kesehatan buku dan rambut
4.      Anak dipersilahkan masuk ke sentra mainan atau kelas
5.      Anak disuruh cuci tangan ke toilet.


Pijakan lingkungan

-          Menyiapkan kegiatan main di sentra persiapan yang terdiri dari :
1.      Menyiapkan bahan dan alat main untuk mengelompokan
2.      Menyiapkan bahan dan alat main untuk menggunting
3.      Menyiapkan bahan dan alat main untuk menempel


Pijakan sebelum main
-          Mengajak anak duduk melingkar
-          Berdo’a sebelum belajar
-          Mengabsen kehadiran anak
-          Bercerita tentang ayam atau menerangkan tema
-          Membangun gagasan anak
-          Mendiskusikan aturan main
-          Menjelaskan tata cara bermain
-          Menjelaskan transisi main
-          Mempersilahkan anak-anak bermain.


Pijakan saat main

-          Memberikan waktu yang cukup pada anak saat bermain
-          Mengembangkan dan memperluas bahasa anak
-          Membangun gagasan anak
-          Mengembangkan interaksi sosial pada anak
-          Membantu anak yang kesulitan pada saat bermain
-          Memberi pujian dan mencatat perkembangan anak
-          Memberi motivasi dan mengamati anak
-          Memberitahukan anak untuk bersiap-siap menyelesaikan tugasnya
-          Mengumpulkan hasil karya anak



Pijakan setelah bermain

-          Membereskan bahan dan alat bermain
-          Anak diajak kembali duduk melingkar
-          Menceritakan kembali kegiatan anak
-          Melakukan tanya jawab dengan anak
-          Memberitahukan tema pembelajaran untuk hari selanjutnya
-          Diakhiri dengan berdo’a sesudah belajar dan ucapan salam
-          Anak dipersilahkan untuk pulang




    Jatinunggal, 1 Oktober 2009
                  Ketua Penyelenggara                                                    Pendidik



                  ( EYE ROHENDI )                                                           ( ETI CASWATI )














Tidak ada komentar:

Poskan Komentar